Minggu, 09 Januari 2011

Fakultas Psikologi UGM

Kompetensi Lulusan dan Beban Kuliah

PSIKOLOGI adalah ilmu yang mempelajari perilaku, baik yang tampak maupun yang tidak tampak, yang merupakan manifestasi adanya kejiwaan pada manusia. Unit analisisnya adalah perilaku manusia, baik level individu dan kelompok.

Hukum-hukum perilaku dasar manusia yaitu dilihat dari:
a. Perspektif perkembangan manusia (dari pra natal sampai usia lanjut),
b. Macam interaksi sosial yang dijalin (baik intrapersonal dan interpersonal), dan
c. Komposisi manusia (fisik, mental, dan spiritual) digunakan sebagai landasan dalam menjelaskan peristiwa yang terjadi di dunia sekolah, organisasi, industri, kilinis, dan kemasyarakatan.

Setelah mengikuti pendidikan Sarjana (S1) di Fakultas Psikologi, maka lulusan S1 memiliki kompetensi sebagai berikut:

1. memahami pengetahuan dasar psikologi
2. menguasai teknik pengamatan
3. mampu menggunakan alat pengukuran psikologi
4. peka terhadap permasalahan bio-psiko-sosial dalam konteks Indonesia
5. mampu melakukan penelitian
6. menghayati kode etik keilmuan dan penelitian

Kurikulum yang saat ini sedang berlaku adalah kurikulum 2001. Untuk menjadi Sarjana Psikologi, mahasiswa harus lulus minimal 144 SKS yang terdiri dari:
1. Enam puluh sembilan (69) SKS mata kuliah wajib (kurikulum inti). .
2. Sepuluh (10) SKS mata kuliah wajib institusional
3. Enam puluh lima (65) SKS mata kuliah pilihan yang dapat dipilih dari 137 mata kuliah institusional.


Bagian


Fakultas Psikologi UGM memiliki satu program studi (Prodi) yaitu Psikologi dengan enam (6) Bagian yang bertugas melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat. Oleh karena itu, fungsi Bagian di Fakultas Psikologi UGM juga menjadi laboratorium studi.

Bagian-bagian yang mendukung kegiatan akademik Program Studi Psikologi pada Fakultas Psikologi UGM adalah
1. Bagian Psikologi Industri dan Organisasi
2. Bagian Psikologi Klinis
3. Bagian Psikologi Pendidikan
4. Bagian Psikologi Perkembangan
5. Bagian Psikologi Sosial
6. Bagian Psikologi Umum dan Eksperimen


Penawaran dan Prospek Kerja

Masyarakat pengguna lulusan Sarjana Psikologi dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan jumlah. Pada tahun 2003, ada 100 instansi yang membutuhkan jasa Psikologi. Beberapa instansi tersebut adalah:
1. Pertamina
2. PT Telkom
3. PT Gramedia Group
4. PT Astra Internasional
5. PT Unilever Indonessia, Tbk
6. PT Panasonic Gobel
7. PT Cocacola Amatil Indonesia
8. LG Electronic
9. PT Indofood Sukses Makmur
10. PT Pelabuhan Indonesia
11. PT Angkasa Pura II
12. Perum Peruri
13. PMA : Komatsu, Freeport, Schlumberger, BAT
14. Luar Negeri : Trango Mineral Oil Malaysia
15. Bank : Mandiri, Niaga, BCA, BNI, Citibank
16. Lembaga Pemerintah, TNI, dan POLRI
17. Lembaga Perguruan Tinggi
18. Rumah Sakit Umum & Rumah Sakit Swasta
19. Media Massa
20. dll
Jumlah penawaran kerja yang cukup banyak ini menunjukkan bahwa lulusan Psikologi UGM diminati oleh masyarakat dengan prospek kerja yang baik di berbagai bidang.

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru
Untuk menjadi mahasiswa S1 Fakultas Psikologi UGM, lulusan SMU semua jurusan dapat mengikuti semua prosedur seleksi masuk. Sejak 2004 seleksi masuk ke UGM melalui:
1. Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB)
2. Ujian Masuk UGM (UM-UGM) melalui jalur:
    a. Ujian tulis
    b. Penelusuran Bibit Unggul Pembangunan Daerah (PBUPD)
    c. Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (BPUPB)
    d. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (BPUTM)

Sekalipun tidak menjadi syarat mutlak, namum cakon mahasiswa yang memiliki keunggulan dalam bidang matematika dan Bahasa Inggris cenderung lebih mudah mengikuti perkuliahan di Fakultas Psikologi UGM.


Kegiatan Pembelajaran

Proses pembelajaran dilakukan baik di dalam kelas, praktikum di laboratorium, maupun pengamatan di masyarakat. Selain teori-teori yang diajarkan, mahasiswa juga distimulasi dengan permasalahan-permasalahan yang berkembang di masyarakat. Diharapkan mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dan sekaligus aplikasi teori untuk memahami permasalahan dan solusi permasalahan yang berkembang di masyarakat.

Upaya untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam memahami teori dan konsep perilaku, maka disediakan laboratorium praktikum yaitu:
1. Laboratorium Psikodiagnostika
2. Laboratorium Pskologi Faal
3. Laboratorium Psikologi Eksperimen

Dua Laboratorium Psikologi Eksperimen sekarang ini dilengkapi dengan alat-alat praktikum aparatus yang berbasis digital.

Pengembangan Laboratorium Psikodiagnostika sedang dalam penataan fisik yaitu sebagai laboratorium yang dapat digunakan untuk praktikum pengamatan dan melakukan testing dengan menggunakan terknologi modern.


Penelitian Mahasiswa dan Dosen

Dalam kurun waktu 13 tahun terakhir ini, mahasiswa Fakultas Psikologi UGM mempunyai tradisi mengukir prestasi di lomba karya ilmiah yang berbasis penelitian di tingkat nasional.
Prestasi yang sangat menggembirakan ini tidak lepas dari suasana yang kondusif di fakultas bagi terciptanya iklim penelitian mahasiswa. Sejak tahun 2002 secara resmi fakultas membuat kebijakan untuk mengikutsertakan mahasiswa dalam penelitian dosen.
Sebagian dosen melakukan penelitian dengan melibatkan mahasiswa setiap tahun dengan berbagai sumber dana, baik dana dari fakultas, universitas, Dikti, maupun dari lembaga donor internasional lainnya.

Pengabdian pada Masyarakat

Kegiatan pengabdian pada masyarakat dilakukan lebih berfokus pada pelayanan jasa Psikologi. Kegiatan ini dilakukan baik bersifat individual maupun institusional. Permintaan baik secara individual maupun institusional sangat tinggi dari masyarakat, menunjukkan sangat pentingnya peran jasa Psikologi.
Jasa psikologi dalam bentuk konseling individu dan kelompok telah dilatihkan kepada guru dan tokoh masyarakat untuk menangani korban konflik bagi para pengungsi di Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Selatan melalui kerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional.
Situasi krisis seperti dalam tragedi bis di Situbondo, Oktober 2003 yang menewaskan 51 siswa, 2 guru, 1 pemandu wisata SMA Yapemda Sleman, Yogyakarta; Fakultas Psikologi menurunkan
lebih dari 70 mahasiswa dan 5 orang staf pengajar untuk terlibat dalam membantu keluarga korban dengan memberikan pendampingan psikologis.
Fakultas Psikologi UGM juga mempunyai wadah resmi sebagai sarana pengabdian pada masyarakat dalam bentuk jasa konsultasi psikologis. Jasa konsultasi psikologis tersebut dikelola oleh Unit Konsultasi Psikologis (UKP).
Berbagai instansi pemerintah daerah, BUMN, dan perusahaan swasta nasional dan multinasional mengenyam jasa psikologis untuk menyelenggarakan rekruitmen untuk seleksi dan promosi, asesmen psikologis, dan berbagai pelatihan. Jasa psikologis ini dikelola oleh Lembaga Pengembangan Kualitas Manusia (LPKM)


Kerjasama

Kerjasama Fakultas Psikologi UGM dengan pihak lain dijalin dalam berbagai bidang yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
Salah satu bentuk kerjasama dalam pendidikan dan pengajaran adalah melakukan pembinaan dengan Fakultas Psikologi Swasta yaitu selama 3 tahun, 2001 s.d 2004, Fakultas Psikologi Setya Budi Surakarta merupakan binaan Fakultas Psikologi UGM.
Kerjasama dalam bidang pengabdian masyarakat, khususnya dengan masyarakat industri yaitu dalam pemberian jasa psikologi dalam pemeriksaan psikologis dan asesmen untuk seleksi dan promosi. Beberapa instansi yang pernah melakukan kerja sama antara lain:
1. Pertamina,
2. PT Badak, NGL
3. Bank Indonesia
4. Bank Mandiri
5. Bank BCA
5. Pemda DIY
6. Pemda Samarinda
7. Bumiputera
8. Trans TV
8. Solo Pos
10. dll


Kemahasiswaan

Mahasiswa sebagai unsur civitas akademika dalam perguruan tinggi perlu didorong untuk mengembangkan dan mendewasakan dirinya agar menjadi manusia yang dapat mewujudkan masa depan bangsa dan negara lebih baik.
Mahasiswa diharapkan tidak hanya menekuni ilmu dalam bidangnya saja, tetapi juga beraktivitas dalam mengembangkan kepribadiannya agar menjadi pemimpin yang berkualitas di masa yang akan datang. Mahasiswa telah diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan, baik di dalam kampus maupun di lingkungan masyarakat luar kampus. Pembinaan kemahasiswan telah dijalankan sehingga mahasiswa memiliki media untuk mengembangkan bakat dan minat serta berprestasi dalam berbagai hal.
Pembinaan organisasi kemahasiswaan didasarkan atas prinsip, organisasi dari, oleh, dan untuk mahasiswa; sehingga strategi dalam membina lebih banyak ulur tangan daripada campur tangan.
Pembinaan kegiatan kemahasiswaan mendorong mahasiswa untuk lebih menekankan kegiatan sebagai sarana academic excercises sehingga selain ketrampilan didalam memimpin dan berorganisasi juga diharapkan tercipta suasana iklim akademik dalam kegiatan kemahasiswaan. Secara operasional, organisasi kemahasiswaan sejauh mungkin sebagai pusat-pusat kajian dan pengembangan karya-karya ilmiah. Karya ilmiah berbasis penelitian yang selama ini memenangkan lomba karya ilmiah di tingkat nasional, sebagian besar berasal dari badan kegiatan kemahasiswaan.
Kegiatan kemahasiswaan juga didorong untuk melakukan kegiatan dengan fokus mencari dana. Hal ini merupakan suatu upaya dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan pada mahasiswa.
Ada 7 organisasi kemahasiswaan di Fakultas Psikologi UGM
1. Lembaga Mahasiswa Psikologi (LMPsi)
2. Pencinta Alam Psikologi (Palapsi)
3. Psikomedia
4. Keluarga Muslim Psikologi (KMP)
5. Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMKI)
6. Keluarga Mahasiswa Katholik (KMK)
7. Rapat sebuah Teater

Beasiswa
Ada dua macam beasiswa yaitu
1. Beasiswa Mahasiswa Berprestasi, yang ditujukan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi tinggi dengan IP minimal 3,25
2. Beasiswa bagi mahasiswa yang memerlukan bantuan, yang ditujukan kepada mahasiswa yang berprestasi dengan IP minimal + 2,50 tetapi kurang didukung oleh kemampuan ekonomi keluarga
Setiap tahun kurang lebih 180 mahasiswa mendapatkan beasiswa tersebut dari 17 instansi. Beberapa instansi yang memberikan beasiswa dan jumlah penerimanya sebagai berikut:
1. BOP   = 45
 2. BBM   = 17
 3. BI   = 5
 4. BRI   = 2  
 5. Bank Mandiri = 2  
 6. Prestasi  = 1  
 7. PPA   = 38 
 8. PT Djarum  = 4  
 9. Supersemar  = 13
 10. Tanoto F’07 = 6
 11. YKPP  = 2
 12. BPUTM  = 5
 13. UGM  = 20
 14. Gudang Garam = 2
 15. Indocement   = 2
 16. Qatar      = 7
 17. PT. Branita S.     = 1

0 komentar:

Posting Komentar